Disdukcapil Kota Yogyakarta Terima Tambahan 4000 Blangko KTP Elektronik

[MasJogja] Pemerintah pusat memberikan tambahan blangko Kartu Tanda Penduduk elektronik (KTP-el) sebanyak 4.000 keping kepada Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil (Disdukcapil) Kota Yogyakarta.

Adapun tambahan blangko KTP elektronik yang diterima Kota Yogyakarta hingga saat ini totalnya ada 12.000 keping.

Kepala Disdukcapil Kota Yogyakarta Sisruwadi mengatakan, tambahan blangko KTP-el tersebut diterimanya pada pertengahan Oktober lalu. Sisruwadi juga menuturkan langsung mendistribusikan balangko tersebut ke kecamatan untuk segera diproses pencetakan. Menurutnya, jumlah tersebut memang masih jauh dari kebutuhan pencetakan.

Diketahui pula bahwa Kota Yogyakarta tahun 2017 mengajukan tambahan blangko KTP-el mencapai 28.000 keping ke Pemerintah pusat.

Disebutkan pula oleh Sisruwadi bahwa proses pencetakan KTP-el lebih memprioritaskan bagi warga yang sudah melakukan perekaman dan penunggalan data.

“Kita sudah koordinasikan ke Kelurahan sampai RT RW agar warga yang telah merekam data dan segera membutuhkan KTP untuk datang ke kecamatan. Kalau data dan blanko siap, petugas akan langsung cetak,” tuturnya kepada Tribunjogja.com.

Menurut Sisruwadi saat ini masih ada sekitar 10.000 warga KotaYogyakarta yang telah merekam data KTP-el. Selanjutnya untuk kekurangan blangko, Disdukcapil juga telah mengajukan kembali tambahan blangko ke pemerintah pusat.

Program Pemerintah