Kepemilikan Akte Kelahiran di Kulonprogo Tertinggi di DIY

[MasJogja] Kepemilikan akte kelahiran di Kabupaten Kulonprogo mencapai 94,81 persen dan angka tersebut sudah melebihi target nasional 80 persen. Angka tersebut juga menunjukkan Kulonprogo menempati urutan teratas dalam hal kepemilikan akte kelahiran di DIY.

Tercatat sebanyak 110.763 anak sudah memiliki akte dari keseluruhan angka kelahiran yang ada yakni 116.829 anak. Urutan selanjutnya diikuti Kabupaten Bantul, Kabupaten Gunungkidul, Kabupaten Sleman dan Kota Yogyakarta.

Pencapaian tertinggi kepemilikan akte kelahiran tersebut diperoleh pada 10 bulan terakhir di tahun 2017. Demikian hal tersebut diungkapkan oleh Kepala Bidang Pencatatan Sipil (Dukcapil) Kulonprogo Agus Wiyono Raharjo pada Sabtu (04/11).

Menurut Agus, tingginya angka kepemilikan akte tersebut juga berkat mulai bertambahnya tingkat kesadaran masyarakat. Masyarakat di Kulonprogo saat ini  sudah banyak yang mau mencarikan akte setiap ada kelahiran.

 

Pelayanan Disdukcapil dalam Peningkatan Kepemilikan Akte Kelahiran bagi Masyarakat

Hak sipil terhadap kepemilikan akte kelahiran tersebut juga menjadi tanggung jawab pemerintah dalam memberikan pelayanan pencarian akte tersebut. Disdukcapil Kulonprogo juga berencana memberikan pelayanan jemput bola untuk ke depannya. Jemput bola tersebut diperuntukkan bagi 6.066 anak yang memang belum memiliki akte kelahiran.

Tindak lanjut dari jemput bola tersebut diharapkan dari pihak warga tinggal melengkapi persyaratannya saja. KTP, akte nikah dan kartu keluarga merupakan persyaratan yang harus dipenuhi warga bersangkutan untuk mendapatkan akte kelahiran. Setelah diterbitkannya akte kelahiran, selanjutnya secara bersamaan juga akan diterbitkan kartu keluarga dan kartu identitas anak (KIA).


 

Program Pemerintah