Penerapan E-Office di Lingkungan Pemkot Yogyakarta

Penerapan e-office di lingkungan Pemkot Yogyakarta merupakan salah satu produk e-government untuk sistem administrasi perkantoran. Dikatakan oleh Wakil Walikota Yogyakarta Heroe Poerwadi bahwa sistem e-office di lingkungannya saat ini sudah tersertifikasi. Artinya bahwa sudah ada autentifikasi atas data yang terkirim.

Aplikasi dari e-office tersebut salah satunya adalah untuk urusan surat menyurat dan pengelolaan nota dinas secara elektronik. Termasuk juga di dalamnya adalah surat biasa, surat undangan dan surat edaran. Semuanya dalam e-office tersebut sudah tercakup baik itu proses pembuatan, pengiriman dan pengarsipan.

Heru juga berharap agar seluruh jajarannya dapat cepat beradaptasi dengan sistem e-office tersebut. Hal ini mengingat ke depannya proses digitalisasi akan terus diterapkan dalam berbagai pelayanan, terlebih yang berhubungan dengan masyarakat. Baik itu pelayanan untuk perizinan maupun untuk menunjang administrasi kependudukan.

Prioritas penggunaan sistem e-office untuk saat ini lebih diperuntukkan ke pelayanan perizinan. Alasannya adalah proses perizinan yang sudah berjalan selama ini sudah berjalan cukup bagus. Penerapan e-office di lingkungan Pemkot Yogyakarta juga merupakan satu langkah menuju terwujudnya Yogyakarta sebagai ‘smart city’.

baca juga >>> Kepemilikan Akte Kelahiran di Kulonprogo Tertinggi di DIY

Penerapan E-Office dalam Hal Sertifikasi Elektronik

Kepala Balai Sertifikasi Elektronik Lembaga Sandi Negara Anton Setiyawan menuturkan Yogyakarta tergolong masuk lebih awal dalam penggunaan sertifikasi elektronik. Anton juga menegaskan bahwa pelayanan secara elektronik membutuhkan kepercayaan dari masyarakat.

Selanjutnya akan ada pengembangan ke layanan lain yang berdampak lebih besar ke masyarakat seperti halnya pelayanan perizinan. Itu semua membutuhkan komitmen untuk melakukan berbagai upaya pengamanan dan proses autentifikasi. Tujuannya agar data yang diperoleh  masyarakat adalah data yang benar. Demikian hal tersebut ditambahkan oleh Anton.


 

 

Kota Yogyakarta, Program Pemerintah