Anjloknya Pendapatan Trans Jogja, Kemacetan atau Pelayanan?

[MasJogja] Pendapatan Trans Jogja diketahui telah anjlok hingga 3 miliar rupiah. Faktor kemacaten di DIY dituding sebagai biang kerok anjloknya jumlah penumpang Trans Jogja.

Pihak Trans Jogja merasa bahwa penumpangnya bertambah tetapi bus nya “tidak ada” karena “hilang” di tengah kemacetan. Tingginya tingkat kemacetan tersebut juga membuat penumpang memilih angkutan lain yang lebih memiliki kepastian soal waktu. Penumpang cenderung beralih ke moda transportasi online. Demikian hal ini diungkapkan Sumariyoto, Kepala UPT Trans Jogja kepada Tribun Jogja.

Pendapatan Trans Jogja yang pada tahun lalu mencapai Rp 21 miliar, mengalami penurunan menjadi Rp 17 miliar pada tahun ini. Pendapatan tersebut menurun meskipun kesadaran masyarakat untuk naik angkutan umum sudah mulai tumbuh.

Menurut Sumariyoto, kemungkinan untuk dibuat jalur khusus seperti di Jakarta juga sulit. Jakarta memiliki ruas jalan yang lebar sehingga dapat dibuatkan jalur khusus. Hal ini berbeda dengan Yogyakarta yang jalannya cenderung sempit. Menurutnya upaya yang mungkin dilakukan adalah membuat jalur khusus pada persimpangan karena potensi macet di persimpangan tinggi.

 

Pelayanan yang Belum Memuaskan Sebabkan Menurunnya Pendapatan Trans Jogja

Pelayanan merupakan hal yang harus diubah pada Trans Jogja agar masyarakat terus menggemarinya. Sampai saat ini terkait pelayanan, akses dan fasilitas Trans Jogja dinilai masih belum memuaskan, termasuk waktu kedatangan bus. Apabila hal tersebut tidak diubah, maka penumpang akan lari ke moda transprtasi lainnya, seperti transportasi online. Demikian hal tersebut disampaikan anggota Komisi C DPRD DIY, Chang Wendryanto kepada Tribun Jogja.

Terkait pembuatan jalur khusus di persimpangan, politisi PDI Perjuangan tersebut juga mengatakan haruslah benar-benar dikaji lebih lanjut. Mengingat jalur yang ada di Yogyakarta sempit. Apabila memungkinkan bisa dilanjutkan namun apabila tidak, harus cari solusi lain. Demikian hal itu diimbuhkannya.


Yuk, bikin website keren kamu hanya di Indonesia Hosting.

Bisnis & Ekonomi, Jogja & Sekitarnya, Lainnya