Hunian Gratis bagi Warga Penolak Bandara

[Mas Jogja] Berbagai upaya telah ditempuh pihak pemangku kepentingan pembangunan New Yogyakarta International Airport (NYIA) untuk mengambil hati warga penolak bandara. Salah satu upaya yang ditempuh kali ini adalah dengan menyediakan hunian gratis bagi warga penolak bandara oleh Pemkab Kulonprogo.

Hunian gratis tersebut adalah rusunawa di Pedukuhan Tambak, Desa Triharjo, Kecamatan Wates. Diinformasikan oleh Tribun, bahwa Pemkab siap memfasilitasi. Biaya sewa, listrik, dan pemakaian air juga digratiskan. Warga cukup hanya datang dan tinggal menempati saja. Demikian hal itu juga dibenarkan oleh Sekretaris Daerah Kulonprogo, Astungkara.

Astungkara juga menyampaikan bahwa Pemkab berupaya agar warga tetap mendapatkan tempat tinggal secara layak. Ungkapnya, hal itu diupayakan karena mereka belum memiliki tempat tinggal lain sementara pembanguan akan terus berjalan.

Barang-barang warga yang sekiranya terlalu banyak, bisa dititipkan di Balai Desa Glagah dan Balai Desa Palihan dan bangunan sekolah. Tujuannya agar mereka bisa membawa sebagian barang utama untuk tinggal di rusunawa sementara waktu. Demikian hal itu diimbuhkan Astungkara.

baca juga >>> Warga Perlu Diberikan Pemahaman Yang Jelas Terkait Pembangunan NYIA

 

Hunian Gratis bagi Warga Penolak Bandara Tanpa Batas Waktu

Warga dipersilakan Pemkab untuk menempati rusunawa tersebut tanpa batas waktu. Sampai kapanpun mereka  tinggal di situ, mau setahun atau dua tahun, rusunawa tersebut gratis untuk dihuni oleh mereka. Warga juga dibebaskan meninggalkan rusunawa tersebut tanpa tagihan apapun jika sudah memiliki rumah permanen sendiri.

Diinformasikan pula bahwa hingga saat ini upaya bertemu warga belum bisa terlaksana. Hal tersebut disebabkan saat ini kondisinya masih belum memungkinkan. Warga masih menolak untuk bertemu dan masih adanya aktivis yang menghalangi.

Pemkab juga meminta PT Angkasa Pura I (Persero) untuk tidak hanya terfokus pengerjaan pengosongan lahan saja. Angkasa Pura diminta juga untuk mengutamakan pengerjaan petak lahan yang telah bersih.


Yuk, buat sendiri website unik kamu hanya di Indonesiahosting.net

Jogja & Sekitarnya, Kulonprogo, Lainnya