Parcel Tidak Memenuhi Syarat Belum Ditemukan BBPOM DIY

[Mas Jogja] BBPOM DIY belum menemukan parcel tidak memenuhi syarat jelang perayaan Natal dan Tahun Baru kali ini. Maraknya peredaran parcel atau bingkisan berisi makanan atau minuman dalam kemasan yang sudah kadaluwarsa memang meresahkan. Umumnya peredaran parcel tersebut banyak ditemukan di toko-toko atau swalayan menjelang hari raya baik itu Lebaran maupun Natal.

Parcel yang tidak memenuhi syarat jika berisikan makanan/minuman yang sudah kadaluwarsa, kemasan rusak dan yang tanpa izin edar. Termasuk pula parcel yang mengandung alkohol (Lebaran). Demikian hal tersebut diungkapkan Kepala Balai Besar Pengawas Obat dan Makanan DIY, I Gusti Ayu Adhi Aryapatni kepada Tribun.

Adapun parcel yang tidak memenuhi syarat tersebut selama lima tahun terakhir juga sudah tidak ditemukan di wilayah DIY. Demikian hal itu juga diungkapkan I Gusti.

 

Pantauan dan Pengawasan Terus Dilakukan BBPOM DIY

I Gusti mengakui bahwa pihaknya terus memantau dan mengawasi melalui inspeksi mendadak yang menggandeng instansi terkait di Pemda. Menurutnya, selain parcel, temuan bahan berbahaya pada makanan juga mengalami penurunan. Penurunan tersebut saat ini di bawah 5%, sementara sebelumnya pernah mencapai 20%.

Ia juga menambahkan bahwa upaya persuasif dan sanksi tegas juga dilakukan jajarannya terhadap penjual. Terlebih ketika penjual didapati menjual produk pangan yang tidak memenuhi syarat.


Yuk, bikin website keren dan unik kamu hanya di IndonesiaHosting

Kesehatan