Tingginya Jumlah Pemohon KIA di Sleman

[Mas Jogja] Jumlah pemohon KIA (Kartu Identitas Anak) di Sleman tercatat cukup tinggi, sayangnya belum diikuti dengan sarana dan prasarana pencetakan. Tercatat, jumlah pemohon KIA di Sleman dari 28 November 2017 hingga 16 Januari 2017 mencapai 20.149 pemohon. Sementara jumlah KIA yang tercetak baru berjumlah 5.399 kartu. Demikian hal itu dikatakan Kepala Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil (Disdukcapil) Kabupaten Sleman Jazim Sumirat, pada Kamis (24/01) kepada Antara.

Dilaporkan oleh Antara, Kepala Disdukcapil Sleman mengatakan tidak berani untuk menargetkan penyelesaian pengurusan KIA. Dilihat dari kondisi yang ada saat ini, rata-rata per hari hanya bisa mencetak 200 hingga 300 KIA. Sementara penyelesaian berkas yang sudah masuk bisa memakan waktu 100 hari atau tiga bulan.

Kepala Disdukcapil Sleman juga mencatat mengenai ketersediaan blangko yang hingga saat ini hanya ada 24 ribu blangko. Hal tersebut membuat Dinas Dukcapil menargetkan untuk melakukan pengadaan blangko sebanyak 70 ribu pada 2018.

baca juga >>> Pelayanan Terpadu Satu Pintu (PTSP) Kemenag Sleman Diresmikan

Kesadaran Yang Tinggi dari Pemohon KIA di Sleman

Tidak sedikit para orangtua di Sleman yang sudah memiliki kesadaran tinggi atas pentingnya mengurus KIA. Dilaporkan oleh Antara, para pemohon bersedia mengantre blangko meskipun ketersediaannya sangat terbatas.

Selain itu juga dilaporkan, menurut para pemohon KIA di Sleman, proses pengurusan KIA terbilang cukup mudah. Syarat-syarat administrastif yang perlu dilengkapi antara lain berupa Akte Kelahiran, Kartu Keluarga, KTP orang tua dan pas foto. Pengurusan KIA akan lebih mudah jika pemohon sudah terlebih dulu melengkapi syarat-syarat adminstratif tersebut.


by: IndonesiaHosting

Program Pemerintah, Sleman