BPBD, Relawan, TRC dan Warga Kondisikan Tanah Longsor di Girimulyo

[Mas Jogja] Bencana Longsor dilaporkan kembali terjadi di Kulonprogo, tepatnya di Desa Pendoworejo, Kecamatan Girimulyo, Kabupaten Kulonprogo. Terkait hal tersebut, BPBD Kulonprogo dilaporkan mulai membersihkan material longsoran yang menutup akses di jalan kabupaten, di Desa Pendoworejo.

Sebagaimana dilaporkan Antaranews Jogja, tanah longsor di Girimulyo adalah akibat guyuran hujan deras yang turun pada Senin (12/3). Selain menyebabkan tertutupnya akses jalan kabupaten, longsor tersebut juga diketahui telah menimpa rumah milik warga. Warga di Dusun Jetis, Slamet dan warga Dusun Gunturan, Suparjono adalah warga yang rumahnya terkena dampak longsor tersebut.

Sementara itu Koordinator TRC Kulonprogo, Sunardi mengatakan bahwa akses jalan yang tertutup material longsor sudah dapat dikondisikan. Menurut Sunardi tidak ada korban jiwa akibat tanah longsor tersebut di Dusun Gunturan.

Tim TRC di lapangan juga tidak bisa memutuskan apakah longsor tersebut mengancam rumah warga. Menurutnya, hal itu butuh kajian akademis. Sementara laporan TRC adalah berdasarkan pengamatan lapangan. Demikian hal itu dtambahkan Sunardi.

baca juga >>> Suasana Duka Iringi Pemakaman Tiga Korban Longsor di Yogyakarta

BPBD, Relawan, TRC dan Warga Kondisikan Tanah Longsor di Girimulyo

Camat Girimulyo Purwono mengatakan bahwa longsor terjadi di dua titik, yakni Desa Pendoworejo dan Girimulyo. Menurutnya BPBD, relawan, TRC dan wargatelah melakukan pengondisian. Baik membersihkan longsoran yang mneutup akses jalan maupun material yang mengenai rumah di Gunturan.

Selanjutnya Camat Girimulyo juga mengatakan bahwa pihaknya telah berkoordinasi dengan BPBD terkait pengiriman alat berat.


by: IndonesiaHosting

Kulonprogo