PVMBG Adakan Penelitian Potensi Tsunami di Gunungkidul

[Mas Jogja] – Penelitian potensi tsunami di Gunungkidul dilakukan oleh Tim dari Pusat Vulkanologi dan Mitigasi Bencana Geologi (PVMBG), Daerah Istimewa Yogyakarta. Berdasarkan laporan Antaranews.com Tim memulai penelitian tersebu sejak Rabu (7/3) dan dilakukan di sepanjang panta selatan Gunungkidul.

Para peneliti juga dilaporkan menyisir beberapa kawasan pantai seperti Pantai Ngrawe, Watukodok, Krakal, Kukup, Baron, Slili dan Sepanjang. Mereka dilaporkan telah menemukan unsur organik pasir halus. Diduga unsur tersebut merupakan bekas bencana tsunami yang terjadi pada 640 tahun yang lalu. Unsur-unsur tersebut dilaporkan telah bercampur dengan tanah liat. Selain itu juga menunjukkan potensi sisa-sisa pasir pantai yang dulunya terbawa arus tsunami.

Menurut Ketua Tim Penyelidikan, Imun Maemunah, endapan tsunami  ditemukan di sejumlah pantai. Endapan tersebut diketahui terkubur di dalam lapisan tanah dan usianya sekitar 640 tahun. Terkait temuan tersebut, Imun dan timnya akan melakukan proses penelitian lebih lanjut di Australia. Hal itu dilakukan untuk memastikan terkait kapan terjadinya tsunami di masa lampau.

baca juga >>> Terjangan Angin Kencang Porak Porandakan Kandang Ayam Milik Yeyen

Hasil Penelitian Potensi Tsunami di Gunungkidul sebagai Rujukan ke Pemkab

Selanjutnya menurut Imun, hasil penelitian akan direkomendasikan kepada pemkab. Rekomendasi tersebut selanjutnya menjadi rujukan bagi kebijakan mitigasi pemerintah. Terutama dalam menghadapi bencana tsunami yang dapat terjadi sewaktu-waktu.


by: IndonesiaHosting

Gunungkidul