Gembira Loka Sumbang Itik dan Sapi ke Panti Sayap Ibu

(Mas Jogja) – Gembira Loka Zoo (GL Zoo) Yogyakarta menyumbang seekor sapi dan 30 ekor bebek ke Panti III Yayasan Sayap Ibu Ganjuran, Wedomartani, Ngemplak Sleman. Bantuan ternak itu diserahkan Kepala Unit Nutrisi GL Zoo, Paramitha Adelia kepada Pengelola Unit Panti III,  Luthfi Tri Hartono di panti asuhan setempat, Minggu (10/3/2019).

Bersamaan dengan pemberian bantuan ternak tersebut di  Panti III Yayasan Sayap Ibu sedang ada kegiatan bakti sosial dari Himpunan Mahasiswa Islam (HMI) Fakultas Sosiologi Universitas Islam Indonesia (UII) Yogyakarta. Sehingga suasana tampak meriah karena anak-anak penghuni panti  satu per satu unjuk kebolehan dalam bernyanyi.

Luthfi menjelaskan, di  unit III panti yang dikelolanya  kini dihuni 11 anak berkebutuhan khusus.  Di panti ini khusus diperuntukkan bagi anak-anak yang mampu latih. “Jadi, di sini anak-anak kita upayakan supaya bisa mandiri. Kita punya tanggung jawab mengentaskan mereka supaya berfungsi sosial di tengah masyarakat,” katanya.

Di unit III panti ini  sebelumnya sudah ada sapi jantan dan anakan,  sejumlah kambing dan puluhan ekor bebek. Dengan adanya sumbangan sapi betina dari GL Zoo itu diharapkan nantinnya bisa  beranak pinak dan jumlah ternaknya  bertambah banyak. “Dulu sudah ada sepasang sapi dan beranak, tapi induknya mati,” tutur Luthfi.

Adanya hewan ternak  ini juga difungsikan untuk belajar beternak bagi anak-anak penghuni panti. Puluhan bebek yang ada bila bertelor dibuat telor asin. “Kalau pas telornya banyak bisa dibikin telor asin, untuk dikonsumsi sendiri atau dijual,” jelasnya. (trs)

Jogja & Sekitarnya, Sleman