Banwas Kebun Binatang Surabaya Puji Gembira Loka

(Mas Jogja) – Apa komentar Badan Pengawas Kebun Binatang Surabaya ( Bawas KBS) ketika mengunjungi Gembira Loka Zoo (GL Zoo) Yogyakarta? “Wuih.. bagus, indah dan keren,” ucap Pjs  Ketua Bawas KBS, Sila Tumiyanto saat mengelilingi Obwis GL Zoo,  Rabu (13/3/2019).

Selama 5 hari mulai Selasa lalu Pjs Ketua Bawas KBS ‘road show’ ke kebun binatang di Jawa,  disertai anggotanya Budi Prasetyo dan Staf Bawas Anistya. “Kami sengaja melakukan safari  ke kebun  binatang untuk menambah wawasan dan sebagai perbandingan,” tuturnya.

Kunjungan diawali ke  Kebun Binatang Jurug Solo, dilanjutkan  ke GL Zoo, lalu rencana  ke Kebun Binatang Ragunan Jakarta dan Taman Safari, terakhir ke Kebun Binatang Bandung.  “Berdasar sejarahnya, KBS disebut sebagai kebun binatang terbesar di Asia Tenggara, tapi di GL Zoo sini ternyata lebih bagus, indah dan keren,” pujinya.

Sila mengatakan, sebagai Bawas/Komisaris KBS dirinya perlu tahu dan punya wawasan lebih tentang kebun binatang lainnya sebagai lembaga konservasi, daripada sekadar mengetahui tentang KBS saja. “GL Zoo ternyata lebih maju dari KBS,” ucapnya.

GL Zoo, kebun binatang terbesar di Jawa Tengah dan Yogyakarta ini diuntungkan dengan kondisi alam yang natural, sehingga kontur tanahnya tidak perlu dibangun. “Alamnya sudah mendukung, tinggal membentuk dan memanfaatkan potensi alam yang ada saja supaya lebih indah lagi. Saya lihat di Bali Zoo, konturnya mirip di sini. Wahanya menarik sekali. Saya sangat terkesan berkunjung ke GL Zoo ini,” kata Sila, yang mengaku  terakhir ke GL Zoo sewaktu masih kecil diajak orangtuanya.

Menurutnya, sebuah kebun binatang sebaiknya juga merupakan taman. Sehingga tidak hanya kandang-kandang dan satwanya saja yang ditampilkan kepada  pengunjung. (sdr)

Jogja & Sekitarnya, Kota Yogyakarta