Aviation Security dan POM AU Gagalkan Penyelundupan Paket Sabu Yang Disembunyikan di Selangkangan

[MasJogja] Tiga orang penumpang pesawat Sriwijaya Air kali ini harus berhadapan dengan hukum karena tertangkap menyembunyikan paket sabu di selankangan. Upaya penyelundupan tersebut berhasil digagalkan oleh petugas keamanan Bandara Adi Sutjipto pada Jumat (20/10) lalu.

Kejadian tersebut diawali petugas bandara yang mencurigai gelagat dari seorang penumpang dengan tujuan Balikpapan. Kecurigaan muncul saat seorang penumpang Sriwijaya Air melewati pemeriksaan walk through metal detector (WTMD) di terminal B Bandara Adi Sutjipto.

Petugas Aviation Security kemudian mengarahkan penumpang tersebut untuk melalui body scanning. Melalui pemeriksaan body scanning, petugas keamanan mendapati benda yang menempel pada bagian selangkangan. Benda tersebut diketahui kemudian berupa bungkusan paket sabu sebesar 750 gram. Demikian hal tersebut dijelaskan oleh GM PT Angkasa Pura I, Bandara Adisutjipto Agus Pandu Prnama.

Koordinasi Aviation Security dan POM AU Ungkap Penyelundupan Paket Sabu

Petugas juga langsung berkoordinasi dengan POM AU untuk melakukan pengembangan karena meyakini bahwa pelaku tidak seorang diri saja. Berdasarkan dari CCTV bandara diketahuilah bahwa ternyata masih terdapat 2 orang lagi. Didapati dari kedua orang tersebut bungkusan yang sama pada tubuh mereka. Dari situ diperoleh total jumlah paket yang diselundupkan ada 4, dengan berat keseluruhannya 3 kg.

Selanjutnya ketiga pelaku tersebut diserahkan kepada pihak BNNP DIY beserta barang bukti. Diketahui ketiga pelaku tersebut memiliki inisial WW (29), BS (26) dan MR (21). Semula mereka berangkat dari Pekanbaru menuju Yogyakarta, dan akan melanjutkan perjalanannya menuju Balikpapan.

Terkait upaya penggagalan tersebut, Danlanud Adisutjipto, Marsma TNI Novyan Samyoga beserta Pihak BNNP DIY yang diwakili AKBP Mujiyana memberikan apresiasi.

Hukum & Kriminal