Tutupi Trotoar, PKL Ilegal di Sekaten Ditertibkan

[MasJogja] Satpol PP Kota Yogyakarta melakukan penertiban PKL ilegal di Sekaten yang menutupi trotoar di Jalan Pangarukan/Trikora pada Kamis (16/11). Lapak para PKL ilegal tersebut ditertibkan karena mengganggu arus pejalan kaki di wilayah tersebut. Demikian hal tersebut disampaikan oleh Kasi Pengendalian Operasi Satpol PP Kota Yogyakarta, Budi Santoso pada Tribun Jogja.

Budi juga menambahkan, para pedagang yang menutupi trotoar tersebut juga tidak memiliki izin, meskipun mereka mengaku telah membayar retribusi. Hal tersebut tidak diketahui Budi, menurutnya Satpol PP hanya berwenang dalam menertibkan. Panitia Pasar Malam Perayaan Sekaten juga hanya memiliki kewenangan terhadap stan resmi yang berada di Alun-Alun Utara.

PKL Ilegal di Sekaten Mengaku Bayar Retribusi ke Oknum

Terdapat sekitar 12 PKL telah ditertibkan dan sebelumnya mereka juga sudah diberi peringatan karena menutupi trotoar dan usahanya pun ilegal. Hal tersebut disampaikan oleh Krisnadi Setyawan, Sekretaris Forum Komunikasi Kawasan Alun-Alun Utara (FKKU).

Menurut Krisnadi PKL-PKL tersebut ilegal karena mereka memang tidak membayar retribusi kepada Pemkot Yogyakarta. Mereka justru membayar ke orang atau oknum yang tidak jelas dan tidak bertanggungjawab.


 

Bisnis & Ekonomi