Gubernur Putuskan DIY Siaga Darurat Bencana

[MasJogja] Sekretaris Daerah DIY, Gatot Saptadi menyatakan bahwa Gubernur DIY berkenan mengeluarkan pernyataan DIY siaga darurat bencana. Hal tersebut merupakan keputusan berdasarkan rapat yang digelar Pemda DIY pada Rabu pagi (29/11).

Selanjutnya Gubernur juga meminta agar pendataan di lapangan juga segera dipastikan. Tujuannya agar dapat dipilah, mana yang cukup ditangani oleh pemkab dan mana yang perlu mendapat support dari provinsi. Adanya penetapan status tersebut juga agar mempermudah penanganan bencana di lapangan.

Pihak BPBD sendiri juga mengatakan, status darurat ini akan berlaku hingga Januari tahun depan. Penetapan ini juga berdasarkan data kondisi cuaca dari BMKG. Demikian hal tersebut disampaikan Plt. Kepala Pelaksana BPBD DIY, Krido Suprayitno.

Dijadwalkan juga pada Rabu ini Gubernur akan meninjau lokasi bencana di Bantul, Sleman, Gunungkidul dan Kota Yogyakarta.

 

DIY Siaga Darurat Bencana Akibat Terdampak Badai Siklon Cempaka di Perairan Selatan DIY

Bencana yang terjadi di banyak titik di Propinsi DIY merupakan dampak cuaca harian yang ditimbulkan oleh siklon Cempaka. Pihak BMKG DIY menginformasikan bahwa rata-rata hujan perhari sudah masuk kategori lebat, di atas 100 mm per hari.

Itu juga berarti bahwa kondisi cuaca di DIY yang berlangsung ini sudah tergolong ekstrem. Demikian hal itu disampaikan Djoko Budiyono, Kepala Kelompok Data dan Informasi BMKG Stasiun Klimatologi Yogyakarta.

Normalnya curah hujan bulanan tertinggi terjadi pada bulan Januari. Puncak musim hujan, curah hujan ditandai dengan intensitas 400 – 600 mm per bulan.


Mau cari hosting murah? Klik aja di sini

DIY, Jogja & Sekitarnya