Moratorium Hotel Diperpanjang Satu Tahun

[Mas Jogja] Pemerintah Kota (Pemkot) Yogyakarta kembali memperpanjang moratorium izin untuk pembangunan hotel baru hingga 31 Desember 2018. Demikian hal ini dikemukakan oleh Walikota Yogyakarta Haryadi Suyuti berdasarkan kondisi perkembangan yang ada hingga saat ini.

Haryadi juga mengungkapkan, agar dengan adanya perpanjangan masa moratorium izin pembangunan hotel baru tersebut bisa dijadikan pegangan para calon investor. Adapun kebijakan tersebut akan diatur dalam bentuk dikeluarkannya peraturan walikota yang merupakan revisi kedua. Peraturan Walikota sebelumnya adalah Peraturan Wali Kota Yogyakarta No. 77 Tahun 2013 tentang Pengendalian Pembangunan Hotel.

Sebelumnya Pemkot Yogyakarta memang telah melaksanakan moratorium tersebut. Semula moratorium izin pembangunan hotel dilaksanakan pada 1 Januari 2014 hingga 31 Desember 2016. Selanjutnya moratorium diperpanjang lagi selama 1 tahun, dari 1 Januari 2017 hingga 31 Desember 2017.

Sehubungan dengan moratorium hotel ini, Haryadi juga meminta seluruh pihak terkait untuk melakukan evaluasi terhadap industri perhotelan di Kota Yogyakarta. Evaluasi tersebut terkait prospek usaha, kualitas pelayanan, konsolidasi penataan ruang hingga regulasi persaingan usaha serta perizinannya.

 

Pandangan PHRI Terkait Moratorium Hotel

Ketua Perhimpunan Hotel dan Restoran Indonesia (PHRI) DIY Istidjab Danunagoro mengatakan bahwa adanya moratorium masih dianggap perlu. Hal ini mengingat kondisi okupansi hotel yang masih sangat rendah, bahkan untuk sekelas hotel berbintang sekalipun.

Disampaikan oleh Istidjab bahwa tingkat hunian hotel berbintang di Yogyakarta selama 2017 ini masih kurang dari 60 persen. Sementara untuk hotel yang non bintang hanya 37 persen.

Moratorium ini juga dirasa sangat penting bagi persaingan usaha perhotelan di Yogyakarta. Terkait hal ini, Istidjab mengharapkan agar persaingan hotel ke depannya semakin sehat, khususnya dalam penerapan tarif kamar hotel.

Berdasarkan kesepakatan yang ada, hotel dengan bintang empat atau lima harus menerapkan harga sewa lebih dari 500.000 rupiah per malam.


Yuk bikin website keren kamu hanya di IndonesiaHosting.

Bisnis & Ekonomi, Kota Yogyakarta, Pariwisata