You are here
Home > Pariwisata

Jalan-Jalan Menuju Tempat Wisata di Jogja? Hindari Jalur-Jalur Berikut Ini

jalan-jalan menuju tempat wisata

[Mas Jogja] Masa Liburan telah tiba, jalan-jalan menuju tempat wisata ke Jogja dan sekitarnya bisa menjadi sangat mengasyikkan. Provinsi DIY memiliki spot-spot obyek wisata baru yang unik dan menawarkan petualangan baru. Biasanya obyek wisata alam merupakan tempat favorit selain kuliner dan wisata asyik lainnya.

Namun perlu diingat, jalan-jalan menuju tempat wisata yang unik dan eksotik tersebut terkadang bermedan berat. Jalan sempit disertai tanjakan atau turunan curam dan tikungan tajam sebaiknya perlu Anda hindari. Intinya Anda perlu mempertimbangankan terlebih dulu sebelum melewati jalur yang bermedan berat sekaligus padat.

Perlu pengalaman dan keterampilan mengemudi yang mumpuni disertai kondisi kendaraan yang fit untuk bisa melewati medan-medan berat. Cukup mengandalkan ‘Google Maps” tidaklah cukup.

 

Hindari Melewati Jalur Cinomati

Medan yang curam disertai tikungan-tikungan tajam seperti Jalur Cinomati perlu Anda hindari. Himbauan ini juga datang dari jajaran Polres Bantul mengingat kondisi jalan tersebut beresiko tinggi untuk dilalui. Terutama bagi Anda yang berasal dari luar daerah dan belum hafal medan. Demikian hal itu disampaikan Kapolres Bantul AKBP Imam Kabut Sariadi, SIK, MM kepada Tribun.

Jalur Cinomati terletak di Deso Wonolelo, menghubungkan antara Kecamatan Pleret dan Kecamatan Dlingo. Memang benar Anda dapat mengakses jalur ini menuju Kabupaten Gunungkidul jika Anda dari Arah Yogyakarta maupun dari Arah Bantul. Namun perlu diingat, saat masa liburan jalur ini terkadang padat dan berpotensi bahaya.

Apabila memang terpaksanya harus melalui jalur ini, Anda perlu waspada, gunakan persneleng yang sekiranya mampu untuk menanjak. Sekali lagi pastikan kendaraan Anda benar-benar fit sebelum melewati Jalur Cinomati.

 

Bus Besar Dilarangan Melintas di Jalur Becici-Mangunan dan Tebing Breksi

Pihak Kepolisian Daerah (Polda) DIY juga memberlakukan larangan bagi bus besar untuk melintasi jalur obyek wisata. Jalur Becici-Mangunan dan Tebing Breksi merupakan jalur yang dilarang bagi bus-bus besar untuk melintas di daerah tersebut. Demikian larangan tersebut disampaikan oleh Kapolda DIY Brigjen Pol Ahmad Dofiri kepada Tribun.

Kapolda juga mengakui bahwa pihaknya telah melakukan koordinasi dengan Dinas Perhubungan DIY terkait larangan melintas bagi bus-bus besar tersebut. Larangan tersebut diberlakukan karena kondisi medan jalan yang berbahaya.

baca juga >>> Kecelakaan Bus di Bukit Bego, Mangunan, Bantul, Tewaskan 2 Orang


Ingin punya website keren dan unik? Yuk, klik langsung aja di sini

Top