Pemasangan PJU Pintar Dilanjutkan di Yogyakarta

[Mas Jogja] Pemerintah Kota Yogyakarta kembali melanjutkan pemasangan lampu Penerangan Jalan Umum (PJU) pintar. Lampu PJU pintar ini merupakan lampu yang memungkinkan untuk pengoperasian atau pengaturan menyalanya dilakukan secara terpusat.

Pemasangan lampu PJU pintar oleh Dinas Pekerjaan Umum Perumahan dan Kawasan Pemukiman Kota Yogyakarta sudah dilakukan dari Tugu sampai Malioboro. Selanjutnya pada 2018 ini akan dipasang untuk Jalan Senopati, Suryatmajan, Mataram dan Abu Bakar Ali. Adapun Pemasangan PJU pintar di Yogyakarta untuk Jalan Sudirman juga akan dilakukan jika memang dimungkinkan. Demikian hal itu disampaikan oleh Suko Darmanto, Kepala Seksi Penerangan Jalan Umum kepada Antara pada Selasa (02/01).

Suko mengatakan bahwa keseluruhan lampu yang dipasang adalah lampu LED. Menurutnya penggunaan lampu LED sudah terbukti untuk penghematan daya. Penggunaannya pun bisa mencapai hingga 10 tahun, lebih lama dibandingkan lampu PJU biasa yang harus diganti tiap 5 tahun sekali.

Rencananya pada tahun ini akan ada 150 sampai 200 titik lampu penerangan jalan yang akan diganti menggunakan lampu LED. Anggaran yang digunakan untuk setiap titiknya sekitar 12 juta rupiah.

Keseluruhan lampu yang dipasang di Kota Yogyakarta totalnya mencapai 23.000 titik. Terbagi menjadi 9.000 titik untuk jalan lingkungan, 8.000 titik penerangan jalan kampung dan sisanya penerangan jalan protokol.

baca juga >>> 5,4 Miliar untuk Penerangan Jalan Umum di Bantul

Efektivitas Pemasangan PJU Pintar di Yogyakarta

Suko menilai bahwa pemasangan PJU pintar tersebut efektif terutama untuk pengaturan nyalanya lampu yang bisa disesuaikan dengan kebutuhan. Termasuk pula dalam pengaturan redup atau terangnya lampu PJU pintar tersebut. Suko mengupamakan saat cuaca mendung, petugas dapat langsung bisa menyalakan lampu. Demikian juga saat tengah malam, lampu dapat diredupkan sehingga dapat menghemat daya hingga 30 persen.

Selain penggunaan lampu LED untuk PJU, Yogyakarta juga mewacanakan penggunaan lampu lainnya seperti lampu bertenaga surya. Ditambahkan pula oleh Suko, Balai Kota Yogyakarta saat ini juga sudah memiliki tiang-tiang lampu tenaga surya.


Yuk, bikin website unik keren kamu hanya di IndonesiaHosting.

Kota Yogyakarta, Program Pemerintah