You are here

Toilet Gratis Berstandar Internasional Habiskan Dana 50 Juta Per Bulan

toilet gratis berstandar internasional

[Mas Jogja] Alokasi dana 50 juta per bulan digelontorkan Pemerintah Daerah (Pemda) DIY untuk biaya operasional toilet gratis berstandar internasional di Jalan Senopati Yogyakarta. Toilet tersebut diketahui merupakan toilet underground  bernilai kurang lebih Rp 5,7 miliar. Adapun biaya operasional tersebut merupakan alokasi untuk satu tahun ke depan dan diambil dari dana keistimewaan.

Rencananya toilet tersebut bakal dibuka secara penuh pada tanggal 1 Februari mendatang. Masyarakat yang akan menggunakan toilet tersebut tidak akan dipungut biaya. Pasalnya biaya operasional ditanggung penuh oleh Pemda DIY sampai satu tahun ke depan. Demikian hal itu disampaikan Plt Kepala Dinas Pekerjaan Umum, Perumahan dan Energi Sumber Daya Mineral (PUP-ESDM), Muhammad Mansyur kepada Tribun.

Mansyur mengatakan bahwa sejauh ini proses lelang untuk mencari pengelola toilet gratis berstandar internasional tersebut juga telah usai. Meskipun demikian untuk pengelolaan sampai satu tahun ke depan tetap dilakukan pihak Pemda DIY.

baca juga >>> Penataan Papan Nama Toko di Kawasan Malioboro

Anggaran Toilet Harus Sesuai Kebutuhan

Wakil Ketua DPRD DIY, Arif Noor Hartanto mengimbau agar besaran anggaran yang dikeluarkan harus sesuai dengan kebutuhan perawatan dan operasional. Berdasarkan fasilitas yang sudah ada, ia menilai dana yang digelontorkan Pemda DIY sudah sesuai.

Menurutnya, yang terpenting adalah penggunaan anggaran harus transparan dan diaudit. Selanjutnya jika kelak akan ada retribusinya, maka harus ada Perdanya. Ia juga memandang jika memang anggaran 600 juta tersebut tidak memberatkan, maka penggratisan toilet bisa terus dilanjutkan.


by: IndonesiaHosting

Top