You are here

Penurunan Harga Beras di Pasar Wates Kulonprogo, Capai Rp 2.000/kg

harga beras di pasar wates kulonprogo

[Mas Jogja] Dilaporkan oleh jogja.antaranews.com, harga beras di Pasar Wates Kabupaten Kulon Progo saat ini mengalami penurunan. Penurunannya diketahui sekitar Rp1.500 hingga Rp2.000 per kilogram nya.

Menurut para pedagang, hal itu terjadi karena ada panen raya di berbagai daerah. Penurunan tersebut diperkirakan akan memuncak pada puncak panen, sekitar akhir Maret dan April 2018.

Semula harga beras yang beredar adalah 11.200 rupiah, saat ini menjadi 9.000 rupiah per kg. Sementara untuk harga beras premium mengalami penurunan dari 12.500 rupiah menjadi 11.000 rupiah per kg.
Penurunan tersebut membuat para pedagang enggan menyetok beras dagangannya lebih banyak karena mereka takut mengalami kerugian. Sementara diketahui omzet mereka juga mengalami penurunan sekitar 15 persen setiap harinya.

baca juga >>> Menimbun Beras, Siap Ditindak Tegas

Berharap Ada Upaya dari Pemerintah

Para pedagang selanjutnya berharap agar pemerintah berupaya menstabilkan harga beras di pasaran. Termasuk persediaan beras yang ada di pasaran, pasokannya juga diharapkan pedagang bisa stabil.

Salah satu pedagang di Pasar Wates bernama Titik Suryaningrum juga mengeluhkan terkait penurunan harga beras yang terjadi. Menurutnya selama satu minggu terakhir harga beras mengalami penurunan yang drastis.

Permintaan beras pada kisaran normal biasanya dapat mencapai hingga tiga ton per hari, namun untuk saat ini turun sampai 2,5 ton per hari.


by: IndonesiaHosting

Top