Himbauan Waspada Modus Kejahatan Yang Memanfaatkan Fasilitas ATM

[Mas Jogja] Kejahatan yang memanfaatkan fasilitas ATM (Anjungan Tunai Mandiri) belakangan memang banyak terjadi di DIY. Meresahkannya bentuk kejahatan tersebut membuat pihak Polda DIY melakukan himbauan kepada warga.

Masyarakat dihimbau untuk berhati-hati dan teliti dalam penggunaan fasilitas ATM dalam rangka mengantisipasi bentuk kejahatan di ATM. Himbauan tersebut diungkapkan oleh Direktur Reserse Kriminal Umum Kepolisian Daerah Istimewa Yogyakarta Komisaris Besar Polisi Hadi Utomo.

Hadi juga mengatakan, modus kejahatan yang memanfaatkan fasilitas ATM terus berkembang, termasuk kasus pembobolan uang nasabah. Itu juga disebabkan karena masyarakat kurang waspada dalam menggunakan fasilitas ATM. Demikian hal itu disampaikan Hadi kepada antaranews.com

baca juga >>> Komplotan Pembobol ATM dengan Tusuk Gigi Dibekuk Polisi

Hubungi Pihak Bank Yang Bersangkutan

Menurut Hadi, masyarakat perlu segera menghubungi petugas resmi dari bank yang bersangkutan. Misalnya ketika mengalami gangguan seperti kartu tersendat saat penarikan uang atau saat memilih untuk menunda penarikan.

Selain itu Hadi juga mengingatkan, masyarakat hendaknya tidak terburu-buru menghubungi nomor “call center” yang tertempel di mesin ATM. Menurutnya, “call center” resmi sebenarnya sudah tertera pada kartu ATM. Hadi juga menambahkan agar masyarakat menolak jika ada orang yang tak dikenal menawarkan bantuan saat mengalami kendala penggunaan mesin ATM.

Bagian terpenting dari himbauannya, Hadi menuturkan agar tidak memberitahu nomor PIN kepada siapapun. Pasalnya menurut Hadi, pihak bank juga tidak akan menanyakan nomor PIN karena itu merupakan rahasia nasabah.


kejahatan yang memanfaatkan fasilitas ATM

Hukum & Kriminal