Peran Lembaga Pendidikan dalam Mewujudkan Provinsi Ramah Anak

[Mas Jogja] Gubernur DIY Sri Sultan Hamengku Buwono X mengajak lembaga pendidikan turut berperan wujudkan provinsi ramah anak.

Menurut gubernur, seluruh pihak dapat berkontribusi dalam mewujudkan provinsi ramah anak. Demikian Gubernur menyampaikan hal trsebut saat peresmian gedung baru Olifant School pada Rabu (11/4) sebagaimana informasi ini dilaporkan Tribunnews Jogja.

Sri Sultan mengajak seluruh elemen masyarakat, tidak hanya pemerintah termasuk lembaga pendidikan agar turut andil mewujudkan provinsi ramah anak.

Gubernur juga mengatakan bahwa sekolah seperti Olifant yang siswa dan pengajarnya multikultural dapat menjadi contoh positif dalam membangun kota yang ramah anak. Sekolah Olifant dinilai gubernur memiliki visi yang mengarah pada toleransi dan gotong royong. Bukan visi yang mengarah pada konflik dan kebencian.

baca: Ruang Bermain Ramah Anak di Yogyakarta, Sudahkah Sesuai Standar?

Peran Penting Sekolah Wujudkan Provinsi Ramah Anak

Dijelaskan pula oleh Gubernur bahwa sekolah memiliki peran penting dalam pembentukan karakter siswa-siswinya melalui materi pendidikan. Tidak terlepas itu akademik maupun non akademik yang diajarkan dalam sekolah tersebut.

Atas hal tersebut Gubernur mengajak semua pihak dapat berkontribusi mewujudkan kota ramah anak. Kota ramah anak ini selanjutnya sebagai titik awal untuk mewujudkan provinsi ramah anak, Jelas Sri Sultan.

Menurutnya, sekolah juga diharapkan dapat mewadahi karakter siswa yang heterogen. Selanjutnya juga dapat memberikan pengetahuan terkait toleransi dan saling menghargai perbedaan.


sbobet88

Jogja & Sekitarnya, Pendidikan