Panas Diikuti Hujan Deras, Perlu Waspadai Adanya Potensi Puting Beliung

[Mas Jogja] Masyarakat diminta waspada potensi puting beliung terkait kondisi cuaca di DIY yang belakangan ini tidak menentu. Bencana puting beliung melanda Yogyakarta dan Bantul pada Selasa (24/4). Diketahui akibat terjangan dari puting beliung ini telah menyebabkan kerusakan material berupa rumah dan bangunan yang cukup parah.

Terkait hal tersebut masyarakat dihimbau untuk tetap berhati-hati dan tetap waspada. Demikian hal itu dikemukakan Kepala pelaksana Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Daerah Istimewa Yogyakarta, Biwara Yuswantana.

Ia mengatakan kepada media Tribunjogja.com, bahwa cuaca menjelang musim kemarau pada belakangan ini cukup paradoks. Terkadang panas, namun tiba-tiba bisa terjadi hujan lebat. Kondisi ini dinilai Biwara dapat memungkinkan munculnya angin puting beliung seperti yang terjadi di Yogyakarta dan Bantul pada sore ini.

Situasi tersebut menurutnya, agar perlu lebih dicermati oleh masyarakat. Selain itu masyarakat juga diminta untuk lebih cermat dalam membaca keadaan yang terjadinya terkadang tak terduga.

baca: Terjangan Angin Kencang Porak Porandakan Kandang Ayam Milik Yeyen

Amukan Puting Beliung Akibatkan Kerusakan 21 rumah

Menurut catatan BPBD, Terdapat 21 rumah yang rusak akibat amukan puting beliung dan dimungkinkan bisa bertambah. Pihak BPBD sendiri mengatakan bahwa pihaknya bersama dengan BPBD Kabupaten Bantul terus melakukan pendataan dan evakuasi di sejumlah wilayah. Terutama pada wilayah yang terdampak amukan putting beliung pada sore tadi.

Biwara mengatakan bahwa pihaknya melakukan pendataan dengan terjun langsung ke lapangan untuk mengetahui kerusakan akibat bencana angin puting beliung. Selain itu pihaknya juga menggunakan perangkat berupa kamera drone untuk mendeteksi dampak dan pola dari angin puting beling tersebut.


sbobet88

Jogja & Sekitarnya