Pembekalan Petugas Kebersihan Guna Jaga Kebersihan Objek Wisata

[Mas Jogja] Pembekalan petugas kebesihan untuk menjaga kebersihan kawasan-kawasan wisata di Bantul dilaporkan telah dimulai oleh Dinas Pariwisata Kabupaten Bantul. Sebagaimana diinformasikan oleh Antaranews.com, pembekalan tersebut diawali dengan uji coba berupa kerja bakti di kawasan wisata Gua Cerme.

Pembekalan petugas kebersihan terus diupayakan oleh Pemkab melalui kegiatan pembersihan sampah yang dilakukan dari objek wisata satu ke yang lain. Demikian hal itu dikatakan Pelaksana Tugas (Plt) Kepala Dinas Pariwisata Bantul Kwintarto Heru Menurut Kwintarto.

Diketahui selama ini tiap-tiap objek wisata ditempatkan dua atau tiga orang dari petugas kebersihan yang ada. Namun pengerjaan yang hanya dikerjakan dua atau tiga orang jika dikerjakan setiap hari, tetap ada yang terlewat dan kebanyakan tidak maksimal. Terkait hal tersebut Kwintarto dan pihaknya mencoba untuk bagaimana jika pengerjaannya dilakukan secara keroyokan.

Dinas Pariwisata juga dilaporkan memiliki tenaga kebersihan sekitar 54 orang. Selanjutnya dari 54 orang tersebut, paling tidak sebulan dua kali, diminta untuk membersihkan di salah satu titik objek-objek wisata.

Melalui pembekalan petugas kebersihan tersebut diharapkan kelak objek wisata yang berada di Bantul mulai rapi dan bersih. Upaya tersebut juga dilaporkan turut melibatkan baik itu masyarakat sekitar, kelompok sadar wisata dan termasuk pemandu wisata.

baca: Bantul Siapkan Kajian Penataan Kawasan Gumuk Pasir Pantai Selatan

Pengukuhan Satgas Sampah

Menurut Kwintarto, dengan adanya kesadaran bersama antara pihak terkait, selanjutnya para petugas kebersihan ini bisa diarahkan menjadi tenaga yang dikukuhkan sebagai satgas sampah.

Mewujudkan wisata bersih dengan melibatkan berbagai pihak menurut Kwintarto akan memancing masyarakat dan pelaku usaha sekitar termasuk pokdarwis. Kegiatan tersebut niscaya dapat ikut mengajak pihak terkait lainnya dalam menjaga dan mewujudkan salah satu sapta pesona wisata.


Bantul, Pariwisata