Papan Reklame di Ruas Jalan Provinsi DIY, Banyak Yang Tak Berizin

[Mas Jogja] Tidak sedikit pemasangan papan reklame di ruas jalan provinsi DIY yang ternyata diketahui belum memiliki izin dan menyalahi peraturan. Berdasarkan laporan Tribunjogja.com, baru 5 persen papan reklame di DIY yang mengantongi izin. Tercatat hanya 12 papan reklame yang diketahui sudah berizin dari total jumlah 241 papan reklame terpasang di ruas jalan provinsi DIY.

Kondisi tersebut juga dilaporkan tengah mendapat sorotan dari kalangan legislatif. Pasalnya sejauh ini terkesan belum ada langkah tegas dari Pemda DIY terkait perizinan dan pemasangan yang menyalahi peraturan.

Menurut Ketua Pansus Pengawasan Perda No.2 Tahun 2017, Sukarman, pemasangan reklame yang semrawut sering dikeluhkan masyarakat karena mengganggu keindahan kota. Selain itu, papan-papan reklame yang tak berizin dan melanggar peraturan tersebut sudah seharusnya dibongkar.

Sukarman juga menandaskan, pemasangan papan-papan reklame tersebut tidak hanya menyalahi perizinan melainkan juga melanggar aturan ketinggian. Selain itu ia menemukan yang terjadi di lapangan justru banyak pemasangan papan reklame yang menjorok ke jalan, sementara hal itu tidak diperbolehkan. Kondisi tersebut praktis sudah sangat meresahkan, karena bisa membahayakan pengguna jalan.

baca: Papan Reklame Besar Tak Berizin Ditemukan Forpi di Simpang Empat Gramedia

Kesulitan dalam Penertiban Papan Reklame di Ruas Jalan Provinsi DIY

Dikemukakan oleh Kepala Bidang Penegakan Peraturan Perundang-Undangan Satpol PP DIY, Lilik Andi Ariyanto, pihaknya mengaku alami kesulitan dalam penertiban papan reklame tak berizin. Namun ia mengatakan bukan berarti tidak melakukan penertiban sama sekali.

Menurutnya penanganan yang sudah ditempuh dengan memberi surat peringatan baik itu satu dan dua. Namun peringatan tersebut sebatas untuk papan reklame di ruas jalan provinsi DIY, pasalnya untuk jalan kabupaten ada di ranah pemerintah kota-kabupaten.

Selanjutnya dilaporkan bahwa Satpol PP akan berkoordinasi terlebih dulu dengan Dinas PUP-ESDM, terkait peralihan wewenang dalam penertiban papan reklame.


sbobet88

DIY, Program Pemerintah