BPBD DIY Gencarkan Edukasi Tanggap Bencana di Desa-Desa dan Kelurahan

[Mas Jogja] Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) DIY gelar edukasi tanggap bencana agar semakin banyak daerah tanggap bencana. Upaya tersebut juga dilaporkan dilakukan untuk meningkatkan kapasitas masyarakat dalam menghindari resiko yang ditimbulkan oleh bencana.

Jumlah Kelurahan Tanggap Bencana (Katana) atau Desa Tanggap Bencana (Destana) yang ada di DIY saat ini tercatat ada 186 kawasan. Demikian data tersebut tercatat di BPBD DIY sebagaimana laporan ini dilansir dari Tribunjogja.com.

Meskipun demikian dari jumlah tersebut masih terdapat beberapa kawasan rawan bencana yang belum berstatus Katana maupun Destana. Plt Kepala BPBD DIY, Biwara Yuswantara mengatakan, desa dan kelurahan rawan bencana yang terdapat di DIY mencapai 301. Namun baru 186 yang tercatat sudah menjadi Destana atau Katana. Selain itu, untuk DIY sendiri juga sudah tercatat terdapat 77 SSB (Sekolah Siaga Bencana).

baca: Panas Diikuti Hujan Deras, Perlu Waspadai Adanya Potensi Puting Beliung

Prioritaskan Edukasi Tanggap Bencana di Daerah dengan Tingkat Ancaman Bencana Tinggi

Biwara juga mengatakan akan memprioritaskan beberapa daerah dengan tingkat ancaman bencana yang cukup tinggi untuk dijadikan Destana dan Katana. Secara detail, Biwara menjelaskan daerah yang tingkat bencananya tinggi misalnya di sepanjang pantai. Selain itu juga daerah-daerah rawan longsor seperti di pegunungan.

Ditambahkan oleh Biwara, pihaknya juga telah menyasar daerah Temon dan Patuk dengan menggelar kegiatan SSB. Hal itu dikarenakan di kedua daerah tersebut terindikasi adanya potensi ancaman gempa dan longsor tinggi.


sbobet88

DIY, Program Pemerintah