Warga Perlu Tingkatkan Kewaspadaan terhadap Penyakit Leptospirosis

[Mas Jogja] Pentingnya kewaspadaan terhadap penyakit leptospirosis harus terus ditingkatkan. Demikian hal itu dilakukan Dinas Kesehatan Kota Yogyakarta lantaran dari enam kasus yang ditangani, tiga di antaranya telah menyebabkan pasien meninggal dunia.

Diketahui pula warga yang meninggal dunia akibat leptospirosis merupakan warga dari wilayah Kecamatan Ngampilan, Kotagede dan dari Kraton.

Bedasarkan laporan dari Antaranews Jogja, dari tiga kematian, yang dua sudah dipastikan karena terkena penyakit leptospirosis. Satu kematian lainnya dilaporkan masih dalam tahap audit. Demikian hal itu dikatakan Kepala Seksi Pengendalian Penyakit Menular dan Imunisasi Dinas Kesehatan Kota Yogyakarta Endang Sri Rahayu pada Kamis (3/5).

baca: Klinik Pratama Mapolda DIY Resmi Dibuka

Kewaspadaan terhadap Penyakit Leptospirosis, Proteksi Diri dan Menjaga Pola Hidup Bersih dan Sehat

Endang juga meminta agar warga segera mendatangi fasilitas layanan kesehatan jika mengalami gejala seperti demam tinggi, pegal di daerah betis dan memiliki riwayat luka. Ia juga mengatakan bahwa gejala leptospirosis hamper sama dengan penyakit lainnya dan hal itulah yang menyebabkan tidak waspada. Sementara diketahui bahwa penyakit leptospirosis tersebut sangat berbahaya karena dapat menyebabkan kematian jika tidak ditangani secara cepat.

Selain itu Dinas Kesehatan Kota Yogyakarta juga melakukan imbauan kepada masyarakat untuk menjaga pola hidup bersih dan sehat. Ditambah dengan kegiatan yang rutin untuk membersihkan lingkungan masing-masing. Masyarakat juga diimbau untuk memproteksi diri, misalkan dengan menggunakan sarung tangan atau pengaman lainnya saat membersihkan lingkungan.


sbobet88

Kesehatan, Kota Yogyakarta