Skala Prioritas dalam Penanganan Kesiapan Destinasi Wisata Bantul

[Mas Jogja] Jelang libur Lebaran 2018, Dinas Pariwisata Kabupaten Bantul, memastikan kesiapan sarana dan prasarana destinasi wisata Bantul. Berbagai bantuan untuk tambahan sarana dan prasarana di beberapa titik objek wisata juga telah diberikan oleh Dinas Pariwisata Kabupaten Bantul. Demikian hal itu dikatakan (Plt) Kepala Dinas Pariwisata Bantul Kwintarto Heru kepada Antaranews Jogja.

Menurut Kwintarto, perlu ada skala prioritas untuk menambah maupun memperbaiki sarana dan prasarana di destinasi wisata Bantul. Meskipun tidak semua kebutuhan sarana wisata dipenuhi, namun setidaknya sudah dapat memberikan kenyamanan wisatawan.

Beberapa sarana yang telah diberikan misalnya akses jalan setapak, ketersediaan fasilitas air bersih dan fasilitas umum lainnya. Selain itu pihaknya juga melakukan pembinaan kepada pelaku usaha di lapangan. Misalnya untuk kawasan Pantai Parangtritis, pihaknya telah melakukan pembinaan kepada para pengusaha jasa sewa payung.
baca: Pembekalan Petugas Kebersihan Guna Jaga Kebersihan Objek Wisata

Penerjunan Petugas Lapangan di Destinasi Wisata Bantul

Personel pengendalian lapangan juga diterjunkan Dinas Pariwisata Bantul untuk pengamanan di objek wisata. Tugasnya juga dilaporkan meliputi melakukan pendekatan kepada pelaku usaha. Itupun  masih ditambah lagi dengan satuan tugas (satgas) sampah di objek wisata.

Diketahui pula bahwa para satgas sampah dari tenaga PHL (petugas harian lepas) ini pada minggu lalu telah melakukan uji coba. Mereka dilaporkan membersihkan sampah-sampah di destinasi wisata Bantul, tepatnya di Gua Cerme secara “keroyokan”.


sbobet88

Bantul, Pariwisata