Penundaan Delapan Penerbangan Terkait Letusan Gunung Merapi

[Mas Jogja] Pihak otoritas Bandara Adisutjipto dilaporkan telah melakukan penundaan delapan penerbangan pada Jumat (11/5). Demikian informasi tersebut disampaikan Communication and Legal Section Head Bandara Adisutjipto, Liza Anindya.

Penundaan tersebut juga seperti dilaporkan Tribunnews Jogja dilakukan karena adanya peristiwa erupsi freatik yang terjadi di Gunung Merapi, pada Jumat pagi. Delapan penerbangan tersebut saat ini dilaporkan masih closed dan terkait perkembangannya akan dilaporkan lebih lanjut.

Maskapai-maskapai yang tertunda penerbangannya diantaranya adalah Silk Air SLK 151 tujuan Singapura dan Express Air XN 830 tujuan Pontianak. Selanjutnya ada Lion Air JT 276 tujuan Pekanbaru dan Nam Air IN 080 tujuan Palembang.

Demikian halnya dengan Citilink QG 783 tujuan Halim Perdanakusuma dan Wings Air IW 1844 tujuan Surabaya. Selain itu juga ada Lion Air JT 565 tujuan Cengkareng Jakarta dan Sriwijaya Air SJ 231 tujuan Cengkareng Jakarta juga harus tertunda.

Satu maskapai harus kembali ke bandara (return to base), yakni Batik Air ID 7531 yang terbang dari Bandara Internasional Halim Perdanakusuma menuju Bandara Internasional Adisutjipto.

baca: Panas Diikuti Hujan Deras, Perlu Waspadai Adanya Potensi Puting Beliung

Penundaan Delapan Penerbangan Terkait Abu Vulkanik Merapi

Laporan yang beredar lainnya lewat twitter @AirNav_Official mengatakan, Merujuk NOTAM nomor B356718, perpanjangan penutupan Bandara Adisutjipto dilakukan mulai pukul 12.10 – 16.30 WIB. Demikian laporan tersebut ditujukan pula bagi penerbangan sipil dikarenakan adanya debu vulkanik akibat Ietusan freatik Gunung Merapi.

Adapun terkait penutupan penerbangan tersebut juga dibenarkan oleh Manager Humas AirNav Indonesia Yohanes Sirait. Diketahui pula bahwa penutupan kembali dilakukan hingga pukul 16.30 WIB sebagai dampak dari adanya letusan Gunung Merapi pada pagi tadi.

Pihak AirNav Indonesia dan seluruh stakeholder terkait juga menyatakan akan terus memonitor perkembangan status Gunung Merapi. Tidak luput pula terkait dampaknya terhadap penerbangan.

Sleman