Operasi Pasar Murah Selama Ramadhan Digelar Dinas Perdagangan Bantul

[Mas Jogja] Operasi pasar murah dilaporkan digelar Dinas Perdagangan Kabupaten Bantul guna menstabilkan harga kebutuhan pokok selama Ramadhan 1439 H. Operasi pasar tersebut diketahui merupakan kegiatan OPM (operasi pasar murah) agar kebutuhan pokok masyarakat selama Ramadhan hingga Idul Fitri dapat terpenuhi.

Adapun operasi pasar murah tersebut digelar di halaman Kantor Dinas Perdagangan Bantul tiap Jumap pada jam kerja selama bulan puasa. Kegiatan itu sebagaimana dilaporkan Antaranews Jogja juga merupakan kegiatan pertama yang dilakukan selama bulan puasa 2018.

Kepala Dinas Perdagangan Bantul Subiyanta Hadi mengatakan pihaknya bekerja sama dengan BULOG Divre DIY dan PT Pertani. Selain itu juga dengan PT. Perusahaan Perdagangan Indonesia (PPI) dan PT Wilmar Nabati Indonesia dan pihak-pihak distributor lainnya.

Beras, telur ayam, gula pasir, minyak goreng, tepung terigu satu dan daging sapi merupakan bahan-bahan kebutuhan pokok yang dijual dalam operasi pasar murah. Harganya juga disesuaikan dengan HET (harga eceran tertinggi) yang ada di pasaran.

Dijelaskan pula oleh Dinas Perdagangan Bantul bahwa pasar murah dalam pemahaman ini adalah melakukan kegiatan dalam rangka pengawasan dan kestabilan harga. Kegiatan operasi pasar murah tersebut juga dilakukan untuk memastikan ketersediaan barang. Namun untuk penjualannya menggunakan harga yang sedikit dibawah harga umum.

Operasi pasar murah juga dilaksanakan pihak Dinas Perdagangan Bantul di tempat lain, yakni di bekas Pasar Niten. Dilaksanakannya setiap hari selama bulan puasa.

baca: Penurunan Harga Beras di Pasar Wates Kulonprogo, Capai Rp 2.000/kg

Kegiatan Pengawasan Ketersediaan Pangan Selain Operasi Pasar Murah

Kegiatan lain yang dilakukan adalah melakukan pengawasan di pasar-pasar tradisional. Selanjutnya juga melakukan pengecekan di gudang-gudang bahan pangan untuk komoditas bawang merah, cabai dan beras.

Hal itu dilakukan dalam rangan mengantisipasi agar bahan-bahan pangan tersebut jangan sampai tertimbun terlalu lama. Bahan-bahan tersebut pada intinya harus segera didistribusikan sehingga dapat selalu tersedia bagi masyarakat.


 

Bantul, Bisnis & Ekonomi