Libur Panjang Menyebabkan Kenaikan Penumpang KA Yang Merata

[Mas Jogja] Bertambahnya jumlah penumpang KA sudah terasa sejak Jumat (8/6/2018) beberapa hari yang lalu. PT. Kereta Api Indonesia Daerah Operasi (Daop) 6 memperkirakan peningkatan jumlah pemudik akan merata karena libur panjang Lebaran ini.

Kepala PT KAI Daop 6, Eko Purwanto mengatakan, arus mudik sudah terasa sejak Jumat kemarin dimana jumlah penumpang yang turun di Yogyakarta sudah mencapai 23 ribu orang. Yang naik untuk ke luar Yogyakarta mencapai 21 ribu orang.

Angka tersebut naik drastis, karena di hari biasa saja hanya berkisar antara 15 ribu hingga 20 ribu penumpang KA.

“Angka tersebut akan terus naik hingga nanti menjelang tanggal 15. Namun akan merata mengingat suasana libur panjang dan anak-anak sekolah sudah mulai libur. Sehingga bepergian jauh sudah pasti akan dilakukan,” ungkapnya Minggu (10/6/2018)

Eko pun menyampaikan bahwa tempat duduk hampir 100 persen penuh.

Untuk itu Daop 6 mengantisipasi kelonjakan penumpang dengan menambah tujuh kereta tambahan dengan kapasitas 7.772 tempat duduk.

“Daop 6 menyediakan kereta tambahan, baik yang berangkat dari Solo, Purwosari, Lempuyangan dan Tugu. Tujuannya yaitu Jakarta, Bandung dan Surabaya,” tambahnya.

Tujuh kereta tambahan yang disediakan tersebut antara lain Argo Lawu Fakultatif, Argo Dwipangga Fakultatif, Taksaka Malam Lebaran, Taksaka Pagi Lebaran, Lodaya Lebaran, Sancaka Lebaran dan Mataram Premium.

Untuk melayani para pemudik, pihaknya sudah membuat posko yang terdiri dari posko data, posko humas, posko kesehatan, posko pelayanan, posko IT, posko pengamanan dan sub posko di setiap stasiun.


 

Bisnis & Ekonomi