Hot Lady Sampai Sexy Pink di Sekitar Aglaonema

[Mas Jogja] – Entah apa pertimbangannya, tanaman bunga aglonema (Sri Rejeki) hasil silangan selalu diberi nama wanita dan rada sexy. Seperti Hot Lady, Sexy Pink, Ariana, Sherley, Wuduri, Tiara. Tapi memang tak dapat disangkal tampilan aglaonema hasil silangan memang sangat indah. Dan keindahannya terletak pada daunnya yang warna warni dengan warna-warna cerah.

Selain warna, faktor yang membuat aglonema mahal adalah susunan daunnya yang harus roset. Tersusun seperti kelopak bunga mawar (ros). Selain itu daunpun harus utuh. Untuk mencapai kondisi seperti ini memang perlu perawatan yang teratur. Minimal sebulan sekali harus dilakukan semprotan fungisida agar terbebas dari serangan jamur. Pestisida juga diperlukan agar Sri rejeki bebas dari hama dan serangga.

Soal pemupukan, tergantung kita. Apakah hendak menggunakan pupuk organik atau pupuk kimia. Namun satu yang jelas, Aglaonema membutuhkan kondisi yang lembab dengan media yang porus. Artinya media tanam yang tidak terlalu banyak menyimpan air.

Untuk media tanam, sangat dianjurkan menggunakan sekam bakar, cocopit, kompos, pasir malang atau bisa juga ditambah remukan pakis. Soal komposisi sbaiknya 1 banding 1. (sdr)

Jogja & Sekitarnya, Sleman