Taman Sungai Mudal, Keindahan di Perbukitan Menoreh

(Mas Jogja) –  Obyek wisata di DIY memang berkembang pesat seiring kemampuan warga di tingkat desa memberdayakan potensi yang ada di sekitarnya untuk meningkatkan kesejahteraan. Gugusan perbukitan Menoreh menyimpan keindahan panorama alam yang tak terlukiskan, dan salah satunya adalah Ekowisata Taman Sungai Mudal yang terletak di Dusun Banyunganti, Desa Jatimulyo, Kecamatan Girimulyo, Kabupaten Kulonprogo.

Keindahan yang ditawarkan terutama keunikan sungai yang bertingkat membentuk beberapa jeram dan lubuk  dengan debit air yang saat puncak musim kemarau seperti saat ini tetap ada, walaupun tidak melimpah seperti saat musim penghujan. Ada juga tumbuh-tumbuhan langka ditambah aneka permainan, area perkemahan hingga wisata edukasi bagi pengunjung. Warung-warung juga ada beberapa yang diusahakan oleh warga setempat. Sehingga tidak perlu khawatir bagi pengunjung yang ingin mencari makanan dan minuman.

Ketika disambangi, Selasa (11/9/2018) tampak beberapa sarana dan prasarana permainan sedang diperbaiki dan ada juga yang dibuat baru. Diharapkan saat musim penghujan datang, ketika debit air sungai Mudal bertambah, dan aneka permainan di sungai menjadi incaran pengunjung, saran dan prasaran ini sudah selesai dibangun.

Untuk mencapai Taman Sungai Mudal dapat ditempuh dari Jogja melalui rute dari Tugu Yogyakarta ke arah barat – Perempatan Demak Ijo Ringroad Barat – Jl Godean  – Jembatan Sungai Progo – Jalan Menuju Arah Gua Kiskenda – Pertigaan Gua Kiskenda lurus – pertigaan hutan pinus belok kiri ke arah Kokap. Mengikuti jalan ini akan ada petunjuk ke Taman Sungai Mudal. (sdr)

Jogja & Sekitarnya, Kulonprogo