Apes … Jala Nelayan Itu Menjaring Sampah, Bukan Ikan

(Mas Jogja) – Ada pemandangan yang sungguh menarik perhatian ketika berada di Pantai Baru, Poncosari, Srandakan, Bantul, Minggu (7/10/2018). Di bibir pantai, tidak jauh dari ujung deburan ombak yang menyapu pasir, terlihat ada tiga nelayan yang asyik membongkar jala mereka.

Mereka tampak asyik melepaskan bongkahan yang bergulung melilit pada jala yang menumpuk. Dari kejauhan, saya membatin, wah jenis tangkapan apa ini yang sedang dilepaskan. Terlihat aneh. Sayapun mendekat.

Ternyata setelah mendekat bongkahan yang melilit itu adalah sampah. Macam-macam jenisnya, ada sampah organik seperti dedaunan dan ranting. Ada juga platik dan tidak sedikit potongan kain.

“Ya … seperti ini kan lagi apes. Bukan ikan yang didapat tetapi sampah. Sudah tidak dapat hasil malah tambah kerjaan untuk melepaskan sampah-samapah ini,” tutur Yatno salah satu dari tiga nelayan yang sedang sibuk melepaskan sampah dalam lilitan jala.

Dari mana sih sampah-sampah sebanyak ini. “Macam-macam. Ada yang terbawa banjir dari beberapa kali di sekitar sini. Tapi juga ada karena pengunjung yang sembarangan membuangnya,” tambahnya lagi.

Soal kerugian yang diderita, Yatno tampak enggan berkomentar lebih jauh. Tapi yang jelas biaya operasional untuk melaut serta tentu saja tenaga baik saat melaut maupun melepaskan sampah-sampah ini. (sdr)

Bantul, Jogja & Sekitarnya