Kadin DIY Akan Luncurkan Aplikasi Jogja Heboh

(Mas Jogja) – Untuk mempermudah akses masyarakat membeli produk mulai pasar tradisional, pasar modern, pariwisata, hotel sampai pusat hiburan, serta juga menambah pemasukan bagi daerah dalam hal ini Provinsi DIY, Kamar Dagang dan Industri Indonesia (Kadin) DIY tengah mempersiapkan aplikasi Jogja Heboh. Rencananya aplikasi tersebut akan di-launching pada Februari 2019 mendatang.

Hal ini diutarakan oleh Wakil Ketua Kadin DIY Gonang Djuliastono saat ditemui usai beraudiensi dengan Gubernur DIY Sri Sultan Hamengku Buwono X di Gedhong Wilis, kemarin.  “Nanti bisa melihat pertumbuhan ekonomi dari 1 sampai 28 Februari 2019. Seperti bagaimana perkembangan mal, pasar tradisional, pasar modern, atau pasar hobi. Ini bisa dijadikan perbandingan dan alat rekam data,” jelas Gonang di halaman Gedhong Wilis.

Ditambahkan Gonang, nantinya semua transaksi keuangan akan dikerjasamakan dengan Bank Pembangunan Daerah (BPD) DIY agar pemasukan keuangan tidak terpusat di pemerintah pusat. “Jadi pemasukannya langsung ke daerah,” lanjutnya sebagaimana dilansir dari situs resmi Humas Pemda. DIY.

Untuk menjadi peserta, jelas Gonang, tinggal men-download aplikasi Jogja Heboh saja. Ia berharap, akan banyak UMKM kerajinan, pasar tradisional, tenant mal dan lain-lain yang akan menjadi peserta dalam aplikasi ini. “Jadi nanti bisa jual beli burung, batu akik, klithikan, semua akan masuk,” ucap Gonang.

Gonang berharap, Jogja Heboh juga dapat meningkatkan sinergitas dengan OPD pemerintah kabupaten/kota seperti Dinas Perhubungan, Dinas Pertanian, Diskominfo, PT KAI, PT Angkasa Pura, serta komunitas.

Sri Sultan menurut Gonang mendukung penuh maksud dan tujuan dari acara Jogja Heboh ini. Namun, terdapat beberapa catatan untuk wisatawan asing. “Jadi belum bisa mengangkat untuk pariwisata internasional. Belum tentu wisatawan internasional ke Jogja cuma datang untuk cari diskonan,” pungkas Gonang. (*)

Kadin DIY Akan Luncurkan Aplikasi Jogja Heboh

Jogja & Sekitarnya, Kota Yogyakarta