Pantai Baru, Destinasi Wisata di Bantul yang Perlu Ditata Ulang

(Mas Jogja) –  Pantai Baru adalah salah satu destinasi wisata favorit di Bantul. Keindahan alam terutama rerimbunan cemara pantai, jarak yang tidak jauh dari Kota Jogja apalagi kini ada jalan Lintas Selatan yang mulus adalah faktor-faktor yang mendukung berkembangnya wisata pantai yang terletak  di Desa Poncosari, Srandakan, Bantul ini.

Sebagai tempat wisata, sarana pendukungnya juga terbilang komplit. Keindahan alam ada, aneka hiburan seperti motor ATV (All Terrain Vehicle – kendaraan segala medan), aneka permainan anak-anak, kolam renang, kios souvenir serta  kuliner makanan laut yang sangat banyak juga ikut mendukung.

Yang perlu diperhatikan adalah penataan. Ambil contoh arena atau trek ATV sebaiknya tidak searah dengan garis, dan terletak diantara  lokasi kedatangan (parkiran) menuju pantai. Ini sangat berbahaya bagi keselamatan pengunjung yang hendak ke pantai. “Sebaiknya dicari tempat lain. Karena kita jadinya seperti menyeberang  jalan yang ramai. Kalau tidak hati-hati bisa diserempet, diseruduk ATV,” ujar Jaka seorang wisatawan dari Sleman.

Begitu juga pedagang kuliner yang cukup banyak bahkan kemudian mengokupasi pasir di pesisir pantai dengan menggelar tikar. Padahal telah dibangun beberapa warung semi permanen sepanjang jalan masuk. “Ini mengganggu kenyamanan pengunjung. Mau jalan saja jadinya sulit karena di mana-mana digelar tikar,” lanjut Jaka.

Selain itu depot penjualan ikan laut sebaiknya ditempatkan pada lokasi yang tidak terlalu dekat ke pantai yang menjadi tujuan wisatawan. Bau amis ikan akan memperngaruhi kenyamanan pengunjung.

Karena itu dengan segala keunggulan itu, Pantai Baru hanya tinggal ditata lagi untuk menjadi destinasi wisata yang indah, nyaman, aman dan sangat menghibur. (sdr)

Bantul, Jogja & Sekitarnya