DIY Dapat Penghargaan Provinsi Terbaik THLP

(Mas Jogja) – Daerah Istimewa Yogyakarta mendapatkan penghargaan provinsi terbaik dalam penyelesaian Tindak Lanjut Hasil Pemeriksaan (TLHP) Inspektorat Jenderal Kemendagri secara tepat waktu. Penghargaan ini diberikan Menteri Dalam Negeri Tjahjo Kumolo di Hotel Grage Bengkulu, kemarin.

Parameter penilaiannya adalah kecepatan penyelesaian TLHP dan keseuaian bukti dukung atas rekomendasi hasil pemeriksaan. Hal ini menjadi bukti atas keseriusan Pemerintah Daerah DIY untuk menindaklanjuti serta melakukan perbaikan atas sistem kebijakan manajemen pemerintah yang dilakukan oleh Organisasi Perangkat Daerah (OPD) di lingkungan Pemda DIY.

Sri Wahyuningsih sebagai Inspektur Jenderal melaporkan, sebanyak lima pemerintah daerah mendapatkan predikat memuaskan atas prestasi menyelesaikan TLHP tepat waktu yaitu 60 hari sejak LHP diterima. “Provinsi tersebut yakni Pemda Jawa Tengah, Kalimantan Utara, Jawa Barat, DIY, dan Sumatera Barat,” tutur Sri, sebagaimana dikutip dari situs resmi Humas Pemda DIY.

Mendagri Thahjo Kumolo dalam kesempatan yang sama menyampaikan, salah sau prioritas pembenahan tata kelola pemda adalah penguatan Aparat Pengawasan Intern Pemerintah (APIP). Hal ini dilatarbelakangi belum optimalnya APIP dalam melakukan kegiatan pengawasan khususnya dalam pencegahan korupsi.

Kemendagri pada tahun 2017 telah menyampaikan hasil kajian kepada Presiden agar Inspektorat Daerah dapat berjalan efektif, yakni aspek kelembagaan, aspek anggaran, dan aspek sumber daya.

“Saya meminta proses perubahan ini dapat segera dituntaskan dan jangan terjebak ke hal-hal yang sifatnya birokratis. Hal ini penting karena kondisi penyelenggaraan pemerintahan daerah khususnya praktek korupsi belum kunjung membaik dan bahkan cenderung meningkat,” ucap Mendagri. (*)

 

Foto: Humas Pemda DIY

DIY, Jogja & Sekitarnya