Usung Desain Rumah Adat Jogja, Mahasiswa UAJY Raih Juara I dan II  di Babel

(Mas Jogja) –  Mengusung tema desain rumah adat Jogja dan Kalimantan,  dua kontingen mahasiswa Arsitektur Universitas Atma Jaya Yogyakarta meraih Juara I dan II Lomba Desain Nasional 5th Confest 2018 yang diselenggarakan oleh Himpunan Mahasiswa Teknik Sipil Universitas Bangka Belitung (Babel), pekan lalu. Dua kontingen itu Wadah Bahinak Team peraih Juara I beranggotakan Tri Agung Pratama dan Anastasya Gisela C. Rossi. Juara II diraih oleh dan Mar & Partner Team peraih yang beranggotakan Axel Jay Marcianno, Dwi Yuniarsih, dan Gianny Angger Kusuma.

Tema Lomba Desain Nasional 5th CONFEST 2018 adalah “Inovasi Rumah Tinggal di Era Modern dengan Kearifan Budaya Lokal”. Kontingen UAJY menangkap tema ini dengan mengusung desain rumah hunian yang terisnpirasi dari rumah adat Yogyakarta dan Kalimantan.

“Kami memadukan ciri khas kearifan lokal Yogyakarta, khususnya dari cagar budaya daerah Kotagede dan kami juga mengambil site-nya disana. Ide ini muncul dari banyak rumah-rumah tradisional yang sebagian terbengkalai sehingga kami ingin mengangkatnya lagi,” ungkap Dwi anggota Mar & Partner Team. Axel menambahkan bahwa ikon utama yang ditampilkan oleh tim mereka adalah ornamen Masjid Kotagede yang disajikan dalam wujud gapura.

Berkat kerja keras, kekompakan, dan dukungan dari berbagai pihak, persiapan yang hanya satu minggu pun ternyata mampu menghasilkan karya terbaik.

“Persiapan kami kurang lebih hanya seminggu yang efektif. Selain bekerja mandiri, kami juga dibimbing oleh dosen kami Dr. Ir. B. Sumardiyanto, M.Sc. Semua kerja keras akhirnya membuahkan hasil. Kami berharap ke depannya semakin banyak anak Arsi yang tertarik ikut lomba dan menang. Semoga pencapaian kami semakin mampu menginspirasi teman-teman,” ungkap Dwi. (*/sdr)

Jogja & Sekitarnya, Kota Yogyakarta