Sri Sultan HB X Tokoh Peduli Museum 2018

(Mas Jogja) –  Gubernur DIY Sri Sultan Hamengku Buwono X menerima penghargaan Anugerah Purwakalagrha, sebagai Tokoh Peduli Museum 2018,  dari Menteri Koordinator Bidang Pembangunan Manusia dan Kebudayaan RI yang diwakili oleh Asisten Deputi Warisan Budaya Dr. Ir. Pamuji Lestari. Penghargaan berlangsung di Ruang Teater Lantai II Gedung Perpustakaan Nasional RI Jalan Medan Merdeka Selatan, Jakarta, Minggu (14/10),  Sri Sultan dinilai memiliki kontribusi nyata terhadap permuseuman dan kepurbakalaan di Tanah Air.

Tim juri dipimpin Prof Wiendu Nuryanti PhD dengan anggota Anggit Hernowo, Dr Ir Dwisuryo Indroyono Susilo MSc, Samuel Wattimena dan Dr Yuliandre Darwis.  Menurut tim juri, kontribusi nyata Sri Sultan adalah mendorong pemanfaatan museum sebagai media pembelajaran di luar ruang dan sekolah dalam program Tiga Pilar Pembelajaran di Wilayah DIY.  Program gagasan Sri Sultan ini sekarang telah menjadi percontohan penguatan karakter bangsa melalui belajar menyenangkan di seluruh Indonesia.

‘’Award ini justru merupakan tantangan di mana saya harus bisa membuktikan konsistensi saya di dalam upaya untuk memberikan kontribusi kepada anak bangsa, khususnya generasi muda,” kata Sri Sultan dalam sambutannya.

Museum menurut Sri Sultan merupakan salah satu cermin sistem pendidikan di luar sekolah yang dapat memberikan nilai untuk bisa membentuk karakter dan kualitas anak bangsa. Oleh karena itu Sri Sultan berharap seluruh museum di Yogyakarta dan Indonesia dapat meningkatkan lagi kualitas pelayanannya kepada masyarakat, khususnya para pelajar.

“Harapan saya, para manajer museum punya kemauan untuk berdialog dengan anak-anak pelajar di museum, berdialog, memberikan penjelasan, arti, makna dan martabat isi yang ada di museum,” ujarnya.

Pemberian penghargaan ini digagas oleh Komunitas Jelajah, sebuah komunitas independen yang memiliki minat dan perhatian terhadap berbagai peristiwa, tempat dan pelaku sejarah, budaya, bahasa, kemasyarakatan, sains dan teknologi. Program ini telah terselenggara sejak tahun 2012 dengan tajuk Indonesia Museum Awards.

Tujuan Indonesia Museum Awards tidak lain untuk memberikan apresiasi dan penghargaan terhadap museum dan tokoh permuseuman, kepurbakalaan dan sejarah yang selama ini telah banyak memberikan kontribusi dan karya demi kemajuan permuseuman di Tanah Air, termasuk institusi dan individu yang memiliki kepedulian terhadap permuseuman. (*/humasdiy)

DIY, Jogja & Sekitarnya